Sejarah Terciptanya Dominoqq

Sejarah Terciptanya Dominoqq

Dominoqq adalah jenis permainan kartu generik. Di Indonesia sendiri permainan ini menggunakan kartu berukuran 3×5 cm dengan warna dasar putih atau kuning dan memiliki bulatan-bulatan sebagai pengganti angka. Domino kerap menjadi teman dan pengisi waktu luang saat berkumpul dengan kawan. Bermain qq juga bisa mengisyaratkan keintiman dalam suatu kelompok. Awalnya media permainan ini adalah kartu kecil balok dengan gambar bulatan berwarna merah dengan jumlah tertentu mulai dari bulatan kosong hingga kartu dengan 6 bulatan di setiap sisi.

Di berbagai negara, permainan ini selalu dimainkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah dan jarang ditemui di kalangan elit atau bangsawan. Begitu pun di Indonesia, sekali pun ada, level permainannya telah berbeda dengan media yang lebih mewah. Walau sebenarnya, menurut catatan sejarah, saat pertama di buat, domino adalah salah satu persembahan dari seorang pelayan istana untuk sang kaisar. Ketika itu hanya kelompok bangsawanlah yang dapat memainkannya.Meski begitu, sebagai pemain atau setidaknya orang yang tak asing dengan permainan ini, bagaimana sih sejarah awal dari domino qq?

Jadi ternyata menurut jejak coretan sejarah saat pertama kali tercipta domino merupakan salah satu persembahan seorang abdi kerajaan untuk sang kaisar. Saat itu yang intens memainkan domino hanyalah kalangan bangsawan kekaisaran. Sejarah yang tertulis menunjukkan bahwa asal muasal permainan ini memiliki beragam versi. Tetapi semua versi tersebut menunjukkan bahwa domino qq berasal dari China.

Berbagai Teori Kemunculan

Versi pertama mengklaim bahwa domino mulai dikenal pada tahun 1120 M. Sedangkan versi kedua memgungkapkan jika domino qq mulai dimainkam oleh bala tentara Hung Min di tahun 181-234 M. Ada pula sejarawan lain versi ketiga menunjukkan kalau domino sudah terkenal saat Keung T’ai Kung yang hidup pada masa 1-100 M. Tetapi seorang pakar sejarawan China, Chu SZ Yam lebih mempercayai versi pertama. Menurutnya, permainan ini memang diciptakan oleh seorang pelayan negeri untuk dipersembahkan pada kaisarnya di tahun 1120 M.

Jadi memang pada awalnya permainan ini adalah diperuntukkan bagi kelas bangsawan. Tetapi kini terlebih lagi seiring hadirnya teknologi dan komputerisasi, domino qq bisa dimainkan secara online oleh masyarakat dari mana pun pada kelas apapun. Hanya saja memang pada dasarnya permainan ini dimainkan secara berkelompok dan telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia bahwa domino qq merupakan permainan yang menyenangkan sebagai hiburan berjaga malam.

Michael Dummet pernah menulis sebuah utas singkat pada bagian Game of Tarot yang bersinggungan dengan pengenalan domino yang berasal dari Eropa khususnya Itali. Juga bisa berasal dari Venesia dan Naples pada abad 18. Meski kartu domino qq ini sudah jelas berasal dari China, namun tidak pernah ada pembuktian panjang perihal pembuatnya yang berasal dari Eropa atau seorang asli China yang datang ke Eropa pada abad 14, opsi lain juga berpotensi terbukti bahwa permainan ini lahir secara independen.

Sejarah dominoqq yang tertulis memang mengisahkan beragam versi. Tetapi dapat ditarik benang merah bahwa dari semua versi tersebut bisa dikatakan bahwa awal mula permainan ini adalah dari daratan China.

Sejarah yang disampaikan diatas sebenarnya bisa terpatahkan oleh siapa pun dan kapan pun manakala ada orang yang bisa menunjukkan hipotesis penelitian lebih akurat. Tetapi bagi seorang pemain, pemahaman seperti diatas saja sebenarnya sudah cukup menambah wawasan mereka untuk menjadi pemain dominoqq yang berintelijensi.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *